Paskah, Kekuatan TUHAN membebaskan umat-Nya


Pada zaman Perjanjian Lama perayaan Paskah berawal dari peristiwa pembebasan anak-anak sulung Israel dari kematian, dan di tempat yang lain yaitu di antara anak-anak sulung orang Mesir dan hewan ternaknya mati semua (bnd. Keluaran 12:12 Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN.)

Dalam Keluaran 12:11 berbunyi “Dan beginilah kamu memakannya: pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat di tanganmu; buru-burulah kamu memakannya; itulah Paskah bagi TUHAN.” Inilah awal istilah PASKAH digunakan. Ditinjau dari akar katanya, “Paskah” berasal dari kata ibrani “pesach” (Strong Concordance No H6453) memberikan pengertian demikian : • suatu pengabaiian, yaitu, pembebasan, digunakan hanya teknis dari Paskah Yahudi (festival atau korban), dilewatkan Setelah Tuhan membunuh anak-anak sulung Mesir, kemudian Firaun membebaskan Israel untuk pergi seperti yang dikehendaki Tuhan. Inilah cara Tuhan membebaskan umat-Nya dari perbudakan Mesir.

Sejak saat itu perayaan paskah dirayakan sebagai ingatan akan perbuatan TUHAN itu. Bandingkanlah dengan Keluaran 13:3 Lalu berkatalah Musa kepada bangsa itu: “Peringatilah hari ini, sebab pada hari ini kamu keluar dari Mesir, dari rumah perbudakan; karena dengan kekuatan tangan-Nya TUHAN telah membawa kamu keluar dari sana. Sebab itu tidak boleh dimakan sesuatupun yang beragi. Yang menarik adalah setelah Tuhan melepaskan Israel dari perbudakan Mesir, Firaun berubah hati untuk menghalangi Israel meninggalkan tanah Mesir. Kemudian Firaun bersama dengan balatentaranya mengejar bangsa Israel. Kali ini TUHAN kembali menyatakan kesungguhannya untuk membebaskan umat-Nya dari perbudakan Mesir dengan cara membelah air laut Merah. Hasilnya umat-Nya Israel berjalan di tanah kering, namun ketika Firaun dan balatentaranya berusaha mengejar mereka, TUHAN melepaskan tangan-Nya sehingga air laut itu kembali bersatu. Inilah satu bukti Keunggulan TUHAN untuk membebaskan umat-Nya. Selamat Hari Paskah, TUHAN YESUS memberkati.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: